Pages

Sabtu, 13 Agustus 2011

4 Vitamin Untuk Meningkatkan Kualitas Kehidupan Seksual Anda



Pasangan suami istri banyak yang mengeluhkan mengenai kualitas kehidupan seksual mereka. Beragam problem dan masalah kesehatan seksual mulai dari gairah seksual yang menurun, ejakulasi dini, impotensi, gangguan kesuburan, dan gangguan reproduksi seksual lainnya, bila dibiarkan begitu saja dan tidak dicari solusinya tentu bisa mengganggu keharmonisan dalam rumah tangga. Jika Anda dan pasangan memiliki masalah tersebut, ada baiknya Anda mengetahui beberapa vitamin penting berikut yang diyakini dapat menambah gairah dan meningkatkan kualitas kesehatan seksual Anda:
1.      Vitamin A
Vitamin A sangat penting untuk sistem reproduksi manusia. Vitamin A juga berperan penting dalam pengaturan dan sintesis hormon seks progesteron. Kekurangan atau defisiensi vitamin A akan mengganggu kesuburan dan pada akhirnya bisa menyebabkan kemandulan.Pada pria, kekurangan vitamin A dapat menurunkan produksi hormon seks dan juga dapat menyebabkan impotensi. Sementara pada wanita, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan timbulnya berbagai problem atau gangguan haid, misalnya darah haid yang terlalu banyak, timbul kram atau nyeri haid, dan haid yang tidak teratur. Vitamin A juga penting untuk wanita karena vitamin A membantu menjaga kesehatan jaringan epitel tubuh termasuk jaringan epitel pada dinding vagina dan rahim.
Pastikan Anda cukup mengkonsumsi makanan sumber vitamin A seperti wortel, sayur-sayuran hijau misalnya brokoli, bayam, buah-buah seperti mangga atau pepaya, ikan, telur, hati, keju, yogurt, atau makanan yang difortifikasi vitamin A.
2.      Vitamin B Kompleks
      Vitamin B kompleks ternyata memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan seksual dan reproduksi manusia. Vitamin B1 (tiamin) sangatlah penting untuk memproduksi energi bagi tubuh, berperan dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Kekurangan vitamin B1 akan menurunkan energi. Bila energi tubuh menurun, tentunya gairah seksual pun juga akan menurun. Beberapa sumber makanan yang kaya vitamin B1 antara lain adalah kacang, asparagus, kacang, nanas, gandum, beras merah, dan jenis biji-bijian lainnya.

Vitamin B3 berfungsi untuk memperlancar peredaran darah seluruh tubuh, dan juga berperan dalam sintesis hormon seksual. Bila terjadi kekurangan vitamin B3, maka peredaran darah akan terganggu dan menjadi tidak lancar sehingga akan mengganggu kemampuan ereksi. Beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin B3 antara lain adalah daging, ikan, ayam, brokoli, dan yogurt.
Selain vitamin B1 dan vitamin B3, jenis vitamin B lainnya juga perperan penting untuk kesehatan seksual dan kesehatan reproduksi manusia. Kekurangan vitamin B2 dan vitamin B9 (asam folat) dapat mengganggu kesuburan. Dan pada wanita yang berencana ingin hamil pun sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi cukup asam folat.
Vitamin B6 membantu dalam menjaga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron, hormon penting bagi kesehatan seksual dan reproduksi manusia. Konsumsi vitamin B6 yang cukup pada wanita juga akan membantu wanita dalam mencapai orgasme (klimaks) dan juga mampu meningkatkan gairah dan stamina. Sementara vitamin B12 sangat penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf termasuk saraf pada bagian organ seksual.
Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi vitamin B kompleks bagi manusia dapat dibaca di artikel Vitamin B Kompleks Penting Untuk Kesehatan Tubuh Manusia 12, dan 3.
3.      Vitamin C
Vitamin C berperan dalam penyerapan zat besi, pembentukan sel darah dan metabolisme kelenjar adrenalin. Kesemua proses tersebut merupakan proses yang sangat mempengaruhi kesehatan seksual manusia. Zat besi membantu untuk menghasilkan energi bagi tubuh, sedangkan darah berperan membawa oksigen, hormon, dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Sementara kelenjar adrenalin menghasilkan banyak hormon penting untuk aktivitas seksual manusia, termasuk hormon yang membantu dan merangsang untuk mencapai orgasme.
Vitamin C berperan aktif dalam sintesis berbagai hormon seksual dan hormon kesuburan penting bagi manusia yaitu, hormon androgen, estrogen, dan progesteron. Vitamin C juga berperan penting dalam menjaga kesuburan khususnya pria. Asupan vitamin C yang cukup akan meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Asupan vitamin C yang cukup juga akan memperlancara peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk ke organ seksual manusia. Vitamin C juga membantu meningkatkan gairah seksual dan juga membantu memicu tubuh untuk mengeluarkan lubrikan(cairan) seks agar tidak timbul nyeri ketika berhubungan.
Penuhilah kecukupan asupan vitamin C bagi tubuh Anda, agar kualitas kehidupan seksual Anda semakin meningkat dan juga kesehatan tubuh Anda tetap terjaga. Beberapa sumber makanan yang kaya akan vitamin C antara lain, jeruk, kiwi, strawberi, tomat, brokoli, dan lain-lain.
4.      Vitamin E
Vitamin E juga dikenal sebagai vitamin untuk kesuburan. Vitamin E penting dalam produksi hormon-hormon seks. Vitamin E bermanfaat dalam memperlancar sirkulasi darah yang amat penting untuk menjaga gairah seksual manusia.
Pria yang mengkonsumsi cukup vitamin E (setidaknya sekali dalam seminggu) memiliki energi seksual yang lebih tinggi, ereksi juga menjadi lebih lama dan keras, area seksual menjadi lebih sensitif, libido semakin meningkat, orgasme pun menjadi lebih sering dan lebih berkualitas. Konsumsi vitamin E yang cukup pada pria juga akan menurunkan resiko terkena kanker prostat. Kekurangan vitamin E akan menurunkan produksi hormon seks dan enzim yang berperan penting dalam produksi sperma.
Sementara wanita yang mengkonsumsi cukup vitamin E (setidaknya 3 bulan sekali) memiliki gairah dan keinginan seksual yang lebih tinggi, area seksualnya pun menjadi lebih sensitif, lubrikasi vagina juga semakin baik, dan kualitas orgasme juga semakin meningkat. Minyak vitamin E banyak pula digunakan oleh wanita sebagai lubrikan untuk menggantikan cairan vagina.
Sumber makanan yang kaya akan vitamin E misalnya, asparagusalpukat, sayur-sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan, dan gandum.
Kualitas kehidupan seksual yang semakin baik selain akan menambah keharmonisan suami istri, tentunya juga akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Kualitas seks yang baik juga akan menyehatkan tubuh secara fisik dan psikis, meningkatkan sistem imun tubuh, melancarkan peredaran darah, dan membuat kehidupan rumah tangga menjadi lebih nyaman dan bahagia.

sumber: informasitips.com

0 komentar:

Posting Komentar